Materi Pokok Tes Moderasi Beragama Calon PPPK Kemenag Tahun 2022

Silahkan mengunduh eBook terkait materi pokok tes moderasi beragama.

Link Download E Book Materi Pokok Tes Moderasi Beragama Calon PPPK Kemenag Tahun 2022

Unduh Moderasi Beragama

Unduh Peta Jalan (Roadmap)Tahun 2020-2024 PENGUATAN MODERASI BERAGAMA KEMENTERIAN AGAMA RI

#casnkemenag

Moderasi Beragama

Ringkasan

Buku ini bertujuan untuk menjelaskan apa (what), mengapa (why), dan bagaimana (how) terkait moderasi beragama. Apa itu moderasi beragama? Mengapa ia penting? Dan bagaimana strategi mengimplementasikannya? 


Ada tiga bagian utama untuk menjawab tiga pertanyaan di atas, yakni: Kajian Konseptual Moderasi Beragama; Pengalaman Empirik Moderasi Beragama; serta Strategi Penguatan dan Implementasi Moderasi Beragama. 

Bagian pertama berisi penjelasan konseptual terkait moderasi beragama, mulai dari definisinya, nilai dan prinsip dasarmya, sumber rujukannya dalam tradisi berbagai agama, dan indikatornya. Pada bagian ini, pembahasan tentang prinsip adil, berimbang, akomodatif, inklusif, dan toleran akan menjadi bagian penting sebagai indikator adanya moderasi.

Bagian kedua membahas latar belakang dan konteks sosio-kultural pentingnya moderasi beragama, serta contoh implementasinya dalam pengalaman empirik masyarakat Indonesia. Moderasi dijadikan sebagai cara pandang (perspektif) dalam seluruh praktik kehidupan beragama. 

Bagian ketiga memetakan langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam melakukan penguatan dan  implementasi moderasi beragama. Tujuan penguatan ini adalah agar moderasi beragama dapat secara terstruktur dijadikan sebagai program nasional, sehingga melekat menjadi cara pandang baik bagi setiap individu maupun lembaga.

Penguatan moderasi beragama ini dilakukan dengan tiga strategi utama, yakni: pertama, sosialisasi gagasan, pengetahuan, dan pemahaman tentang moderasi beragama kepada seluruh lapisan masyarakat; kedua pelembagaan moderasi beragama ke dalam program dan kebijakan yang mengikat;dan ketiga, integrasi rumusan moderasi beragama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)

2020-2024.

Strategi struktural ini dilakukan untuk melengkapi dan

memperkuat langkah-langkah lain yang selama ini sudah

ditempuh, dan semakin perlu diperkuat, yakni memfasilitasi

ruang-ruang perjumpaan antarkelompok masyarakat, untuk

memperkuat nilai-nilai insklusif dan toleransi, misalnya

dalam bentuk dialog lintas-iman.

Buku ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh sebanyak

mungkin pihak yang mendambakan hidup rukun dan damai

dalam keragaman. Buku Moderasi Beragama ini harus menjadi milik bersama, bukan hanya milik penganut agama tertentu saja. Semoga!

Source : CASN Kemenag / www.updatecpns.com