Keuntungan dan Kerugian Menjadi Lulusan PPPK

      

PPPK Merupakan Bagian Dari ASN, ASN terdiri dari CPNS Dan PPPK. PPPK program Pemerintah Untuk Meratakan penyebaran tenaga pelayanan masyakat didaerah daerah yang mengalami kurangnya tenaga pendidik tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian. dimulai program PPPK pada tahun 2019 untuk Honorer K2 baik Pendidik Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian. lulusan PPPK tahun 2019 sudah bertugas di berbagai instansi berbagai daerah dengan berbagai masalah yang terjadi bahkan sampai tahun 2022 masalah tersebut belum selesai. tahun 2021 pemerintah kembali membuka PPPK Untuk Honorer Yang terdaftar Pada Dapodikdasmen. tahun 2021 dibuka untuk guru dan non PPPK guru yaitu tenaga kesehatan dan tenaga penyuluh.

Tidak semua pemerintah daerah mengusulkan PPPK 2021 dikarenakan tidak ada anggaran walau pemerintah melalui kemendikbud ristek sudah menganggarkan dalam DAU untuk setiap Pemda, namun banyak pemda tidak percaya akan hal itu. sekarang sudah mulai terjadi pemda yang mengusulkan PPPk tahun 2021 mengalami kesulitan pembayaran Gaji tahun 2021. disinilah letak masalah awal dari PPPK itu sendiri. kita tidak akan bahas masalah pendaftaran tahap 1 dan tahap 2 yang penuh dengan berbagai masalah yang membuat peserta pendaftaran PPPK gagal dalam memilih formasi.

Bahkan Beberapa Pemda Terlanjur mengusulkan Formasi PPPK Dan tidak cukup dalam anggaran untuk membayar gaji lulusan PPPK bahkan harus mengambil plot anggaran lain seperti anggaran pensiun dan THR.

Disini kita akan membahas berbagai permasalahan yang terjadi setelah PPPK Lulus dan menerima gaji dari Pemda daerah itu sendiri.

Masalah masalah yang terjadi setelah pengumuman Kelulusan PPPK tahun 2021 Bagi Lulusan PPPK :

1. Terlalu lama penetapan NI PPPK oleh BKN dan BKD Daerah Masing masing 

2. Proses Percetakan SK Setelah Penetapan NI PPPK

3. Isi Surat perjanjian Kerja SPK tentang tidak akan dilanjutkan Kontrak Kerja apabila tidak meningkat Kinerja selama Kontrak

4. Gaji PPPK tidak sepenuhnya dari Pusat, pusat hanya menanggung sekitar 35 % dari gaji PPPK

5. Daerah Menanggung sekita 65 % dan Berbagai Tunjangan yang sudah tertera dalam Peraturan PPPK

6. Terlalu banyak potongan oleh pemerintah dalam tabel gaji PPPK sehingga gaji PPPK berkurang hampir 10 %.

7. Terakhir dan Menyakitkan adalah Kontrak PPPK Hanya 1 2 3 4 dan maksimal 5 tahun.

8. Tidak ada harapan apabila selesai kontrak akan dilanjutkan atau sudah cukup sekian kontraknya.

9. Masa lama pegabdian Sudah ditentukan tahunnya.

Berbagai permasalah diatas berakibat dampak yang sangat besar kepada lulusan PPPK baik tahun 2019 yang sudah merasakan dan 2021 yang akan merasakan dampak akibat dari masalah masalah diatas.

Masalah diatas tidak akan terjadi apabila pemerintah benar benar memberikan solusi kepada para pendidik generasi bangsa yang berjuangan untk masa depan generasi agar lebih cemerlang. PPPK hanyalah sebuah solusi jangka pendek mengakibat banyak banyak masalah yang berkepanjangan dan berkelanjutan bagi pemerintah pusat pemda, lulusan PPPK, Guru dan bagi lulusan Jurusan Keguruan akibat kebijakan yang dibuat untuk sementara bukan solusi permanen. 

Semua orang tahu tahunya PPPK itu ASN dan Sama dengan PNS yang membedakan hanya tidak ada pensuin. selama pola pikir seperti itu sudah sangat salah karena tidak sesuai kenyataan realita yang terjadi dalam dunia PPPK. beberapa lulusan PPPK sudah mulai sadar akan PPPK yang sebenarnya.pemerintah hanya memberi ikan kepada guru honorer bukan memberi kail kepada guru honorer.solusi sementara.

Contoh Negara Yang Menghargai Guru Seperti Negara jepang maju karena sangat menghargai guru, malaysia maju karena mereka sangat menghargai cekgu. namun indonesia lebih menghargai artis selebriti, selegram influencer dan Buzzer daripada kesejahteraan guru itu sendiri. Bahkan Artis Selebritas dibayar Mahal Untuk Merusak Negeri Generasi Bangsa. Namun Untuk Profesi Guru Honorer Pemerintah Kurang Menghargai. Sebagai lulusan PPPK banyak kerugian didapat setelah mendapatkan SK PPPK itu sendiri walau Ada beberapa Keuntungan Lulus PPPK daripada Honorer. keuntungan Lulusan PPPK Sudah Banyak Diketahui Oleh semua orang. namun disini lebih ke arah kerugian Menjadi Lulusan PPPK. Berikut Beberapa kerugian  Menjadi lulusan PPPK :

1. Masa Kontrak PPPK Cuma setahun Minimal dan maksimal 5 Tahun, tidak ada aturan atau jaminan akan dilanjutkan kontrak kerja dari Pemda ( Habis Manis Sepah Dibuang)?

2. Pemotongan Pajak, BPJS dan berbagai Pemotongan Lain yang besar sehingga gaji bersih turun drastis sekitar 10 % ( Tabel Gaji Kotor )

3. Tidak Dilanjutkan Kontrak Kerja Apabila tidak meningkat Kinerja selama Kontrak Kerja ( tertulis Dalam SPK)

4. Kemungkinan Diganti oleh PPPK Lulusan Tahun selanjutnya apabila habis Masa Kontrak ( Prediksi) 

5. Bagi yang sudah Berumur 55 Tahun keatas hanya menikmati Gaji PPPK yang sudah sedikit hanya maksimal 5 tahun.

Demikian semoga Pemerintah (mendengarkan Walau hayalan mimpi) untuk Mengkaji Ulang Kebijakan PPPK Ini agar tidak terjadi masalah dan benar benar sama Statusnya dengan PNS agar sama dengan anggapan masyarakat selama ini. 

Solusi PPPK Kedepan untuk pemerintah :

1. Masa Kontrak PPPK sampai dengan Umur 60 Tahun.

2. Tidak ada Pemotongan Apapun termasuk Pajak karena PNS tidak ada Pajak ( PPPK KOK ada Pajak?

3. Adanya Pesangon Untuk PPPK Setelah Umur 60 Tahun sesuai masa pegabdian

4. Tunjangan Kesehatan Sampai Tua

5. Boleh Pindah kesekolah lain asalkan Sesuai dengan keahlian dan linieritas Jurusan.

Hanya kepada ALLAH kami berdoa meminta dan berkeluh kesah

Hanya kepada pemerintah kami menyampaikan aspirasi dan isi hati

Bagi yang mau menambahkan Boleh Share ke Email atau Kotak Komentar

Terima kasih

Note : 

Bagi Yang ingin ber Gabung Grup Telegram CASN PPPK Tahun 2022 Silahkan Klik Link                       dibawah ini :

Mari Gabung Grup Telegram  CASN PPPK 2022. Semoga kita Semua Lulus CASN PPPK Tahun 2022

T.me/sscasn

Follow ig dan twitter

instagram.com/updatecpns_com

twitter.com/updatecpns_com