Buku Petunjuk Pengisian Daftar Riwayat Hidup Tahun 2023

BUKU PETUNJUK PENGISIAN DRH DAN SANGGAH HASIL SKB SSCASN 2023
I. MAKSUD DAN TUJUAN
Buku Petunjuk Pengisian DRH SSCASN 2023 bertujuan sebagai pedoman bagi peserta SSCASN 2023 yang dinyatakan lulus untuk dapat melakukan pengisian Daftar Riwayat Hidup atau selanjutnya disebut dengan DRH.
II. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup portal akun SSCASN 2023 ini adalah sebagai sarana bagi para Peserta SSCASN 2023 untuk mengetahui informasi seputar kelulusan, DRH dan sanggah.
III. PESERTA LULUS SELEKSI TETAPI MENGUNDURKAN DIRI
Langkah pertama Peserta login ke akun SSCASN 2023 melalui tautan https:// sscasn.bkn.go.id/daftar dan mengisikan username (NIK) dan password akun yang telah dibuat saat registrasi.
Setelah peserta berhasil login, akan ditampilkan halaman yang berisi pengumuman lulus atau tidak lulus. Jika peserta dinyatakan LULUS, maka akan muncul dropdown list untuk memilih apakah Peserta ingin melanjutkan ke pengisian DRH dan pemberkasan atau ingin mengundurkan
Jika Peserta memilih “Tidak, Saya ingin mengundurkan diri”, maka akan muncul kolom unggah Surat Pengunduran diri dimana templatenya sudah disediakan dibawah tombol Unggah.
Jika pelamar memilih untuk mengundurkan diri, maka pilih alasan pengunduran diri dan pilih file surat pengunduran diri. Selanjutnya klik unggah surat pengunduran diri dan akan muncul kotak peringatan seperti dibawah ini. Jika Peserta telah yakin, maka silahkan klik Iya. Jika masih ragu dapat klik Tidak, dan masih dapat mengubah pilihan jawaban di dropdown list sebelumnya.
Jika telah muncul pemberitahuan seperti dibawah ini, maka Peserta telah dinyatakan mengundurkan diri dan tidak dapat melakukan perubahan kembali
IV. PESERTA LULUS SELEKSI DAN MELANJUTKAN KE PEMBERKASAN
Jika Peserta memilih “Ya”, maka akan muncul tombol pengisian DRH.
Langkah pertama adalah Pengisian Data Perorangan, yang berisikan Biodata Calon ASN. Kolom yang ditandai bintang merah adalah wajib diisi. Isikan biodata, alamat dan keterangan lainnya.
Pengisian data perorangan harap dilakukan dengan teliti dan hati-hati karena data yang diisikan adalah data yang digunakan untuk pemberkasan CASN dan tidak dapat diubah setelah anda mengirim Daftar Riwayat Hidup. Isilah bagian formulir yang wajib diisi pada bagian "Silahkan Lengkapi Data Anda" (ditandai dengan tanda * )
Anda diwajibkan mengisi gelar depan, gelar belakang. Bila anda tidak memiliki gelar depan/gelar belakang silahkan isi '-'. Gelar hanya berupa singkatan (contoh : dr, S.Kom, A.md) tidak perlu dipanjangkan.
Alamat Domisili adalah alamat tempat tinggal saat ini. Bila nama Kecamatan dan Kelurahan Anda tidak terdaftar dalam pilihan, maka pilih 'Lainnya' lalu ketikkan nama Kecamatan dan Kelurahan tersebut di kolom di bawahnya
Jika sudah, isilah CAPTCHA berikut di bawah ini dan klik tombol "Selanjutnya" Data anda tidak akan tersimpan bila anda klik tombol "Resume"