Yang Harus Diketahui Oleh Para Calon PPPK Berkaitan Dengan Pengisian DRH

Yang Harus Diketahui Oleh Para Calon PPPK Berkaitan Dengan Pengisian DRH

Sekedar mengingatkan, sebentar lagi pengumuman pasca sanggah & sekaligus pengumuman final, setelah itu pengisian DRH.

Penting untuk diketahui para Calon PPPK berkaitan dengan pengisian DRH

Tombol pengisian DRH akan muncul otomatis di akun sscasn.bkn.go.id terhitung saat tanggal pengumuman resmi dari panselnas BKN.

Apakah ketika tombol DRH muncul lalu para CPPPK boleh mengisinya?



Eits sabar dulu, jika Bapak/Ibu membuka akun dan sudah muncul tombol pengisian DRH maka segera lakukan koordinasi dengan BKD/BKPSDM daerah Bapak/Ibu untuk minta petunjuk. Jika belum diinstruksikan maka jangan terburu-buru dulu, karena ini berkaitan dengan kesiapan perangkat dan tenaga dari Pemda untuk mengurus.

Jika sudah ada instruksi dari BKD/BKPSDM maka Bapak/Ibu dapat melakukan pengisian DRH secara mandiri. 

Untuk pengisian DRH secara mandiri perlu perhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Siapkan dokumen-dokumen yang diminta sesuai instruksi dari BKD/BKPSDM daerah masing-masing. Jika belum lengkap jangan terburu-buru membuka portal.

2. Pastikan jaringan internet Anda stabil, jika menggunakan thetring dari hp maka pastikan pulsa Anda mencukupi dan koneksi internetnya stabil. Jika menggunakan wifi maka pastikan jaringan wifinya normal.

3. Tidak dianjurkan untuk menggunakan smartphone atau sejenisnya. Harus menggunakan Laptop/PC/Notebook/Chromebook. Dan pastikan catu daya batrai Anda normal.

4. Jika memungkinkan, buatlah kelompok kecil untuk memudahkan untuk saling bertanya, atau apabila perlu mintalah orang yang sudah berpengalaman untuk membantu Anda. Jangan sendiri-sendiri karena jika sendiri-sendiri ada kemungkinan untuk melakukan kesalahan.

5. Bukalah portal pada saat jam-jam yang tidak padat pengguna agar memudahkan anda untuk masuk portal, karena saat itu jaringan padat karna portal terbuka untuk seluruh indonesia

6. Isilah sesuai keadaan sebenarnya, jangan merekayasa data. 

7. Hindari mengisi DRH pada hari-hari penutupan atau hari terakhir. Karena pada hari itu biasanya server portal down karena ada perekaman oleh server pusat.

8. Segera lakukan submit apabila data anda sudah yakin benar.

9. Kesalahan  data pada pengisian DRH akan berakibat pada penetapan NIPPPK. Jika ada data yang direkayasa atau tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya bisa menyebabkan pembatalan NIPPPK dan itu menjadi tanggung jawab yang bersangkutan karena pengisian DRH mandiri. Tidak bisa menyalahkan pemda atau BKPSDM

10. Jika sudah terbit NIPPPK dan terima SK jangan lupa bersyukur dan berterima kasih kepada orang-orang yang membantu Anda.

Terima kasih. Salam hormat. Tetap semangat.. 😊

www.updatecpns.com