Rincian Formasi CASN Kabupaten Kayong Utara Tahun 2024

MenPAN-RB Setujui 1.419 Usulan Penambahan CPNS Dan PPPK di Kayong Utara
Sebanyak 1.419 Usulan Penambahan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara di setujui oleh KemenPANRB, antara lain 270 formasi CPNS dan 1.149 formasi PPPK. Hal itu di ungkapkan langsung oleh Penjabat Bupati Romi Wijaya didampingi oleh Kepala BKPSDM Jumadi Gading seusai menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan pengadaan ASN TA 2024, bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta, Hari Kamis 14 Maret 2024

"Sebanyak 1.419 yang terdiri dari 270 formasi CPNS, dan 1.149 formasi PPPK disetujui oleh KemenPAN-RB untuk memenuhi kebutuhan ASN di Kayong Utara," Kata Romi Wijaya. 

Menurutnya, dari seluruh usulan yang diajukan melalui BKPSDM Kayong Utara, semuanya disetujui dan sekarang tinggal menunggu Petujuk Teknis (Juknis) terkait penerimaan CPNS dan PPPK.

Untuk itu, Romi Wijaya berharap kepada tenaga honor (PTT) yang ada di Kayong Utara untuk menyiapkan diri dengan mulai berlatih soal-soal untuk mengikuti ujian nanti.

“Saya juga meminta BKPSDM untuk menyiapkan pelatihan bagi PTT yang ada, terutama bagi mereka belum pandai mengoperasikan komputer, termasuk latihan soal,” ujar Romi Wijaya. 

Sementara itu, Menteri Pemberdayan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya mengatakan pemerintah melalui Kementerian PAN-RB telah menetapkan sebanyak 1.289.824 kebutuhan ASN nasional tahun 2024. 

"Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk 75 kementerian/lembaga sebanyak 427.850 dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174." Kata Menteri Azwar.

Ia juga menambahkan, untuk memberikan penghargaan atas Komitmen dalam Pemenuhan Kebutuhan ASN dan Penataan Tenaga Non-ASN Berdasarkan UU No. 20/2023 kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN); Provinsi Aceh; Kabupaten Bandung; Kabupaten Banyuwangi; dan Kota Bekasi. Selain itu, juga diberikan izin prinsip kepada gubernur, wali kota, dan bupati yang hadir.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemaparan kebijakan terkait pengadaan pegawai ASN T.A 2024 oleh Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto; Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya; serta Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel terkait teknis perencanaan kebutuhan pegawai ASN serta kebijakan terkait PANRB.

Hadir dalam kesempatan ini juga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono; Kepala LKPP Hendrar Prihadi, Plt. Kepala LAN M. Taufiq, Kepala ANRI Imam Gunarto, Para kepala daerah, serta perwakilan dari Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. (Ink/B)