Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENGADAAN ASN T.A 2024
Kementerian PANRB mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN T.A 2024 di Jakarta, Kamis (14/03/2024). Rakor ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi pemerintah di pusat maupun daerah.
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa rekrutmen CASN tahun 2024 dibuka untuk fresh graduate dan juga untuk tenaga non-ASN yang sebelumnya telah mengabdi untuk negara.
Arah kebijakan pengadaan CASN tahun 2024:
Fokus pada pelayanan dasar tenaga guru dan tenaga kesehatan.
Seoptimal mungkin menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN W di instansi pemerintah.
Merekrut talenta-talenta baru (fresh graduate) melalui seleksi CPNS.
Mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Untuk memenuhi kebutuhan CASN tahun 2024, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan prioritas pemenuhan talenta digital, SDM di bidang APIP (auditor dan P2UPD), serta SDM di Ibu Kota Nusan-i tara (IKN) bagi instansi pusat.
Harapan kami para kepala daerah dan PPK instansi pemerintah mengecek sekali lagi formasi yang diusulkan apakah sesuai arahan presiden.
Abdullah Azwar Anas
Menteri PANRB
Dalam pemenuhan ASN guru, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudrisdtek) pada tahun ini akan melanjutkan pemenuhan kebutuhan ASN di sekolah negeri melalui seleksi PPPK sehingga target 1 juta guru akan terpenuhi.
Besar harapan saya melalui rapat koordinasi ini kita dapat semakin menguatkan kolaborasi untuk memastikan proses yang kita lakukan tahun ini berjalan lebih efektif, lebih efisien dan lebih akuntabel.
Nadiem Makarim
Pemerintah akan mengadakan rekrutmen CASN tahun 2024. Hari ini, Kementerian PANRB mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN T.A 2024 bersama seluruh instansi pusat dan daerah. Selengkapnya kita simak highlightnya pada postingan berikut.