Informasi Perangkingan Hasil SKD Mengikuti SKB CPNS Kemenag


CPNS hasil SKD sudah diumumkan.. PPPK belum.. Kalau CPNS setiap jumlah formasi hanya diambil 3 terbaik yang berhak mengikuti SKB , artinya kalau tersedia 3 formasi hanya akan diambil 9 peserta terbaik... 

Apakah regulasi ini akan diterapkan juga kepada CPPPK ? Kita tunggu saja.. Tetap berdoa dan semangat bapak/ibu, kemungkinan hasil CAT PPPK akan diumumkan akhir bulan ini atau awal Desember karena tgl 29 masih ada jadwal tes CAT..

Menurut Nizar, meski ada 774 yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) SKD, namun tidak semua dari mereka dapat mengikuti tahap berikutnya, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sebab, SKB hanya diikuti oleh tiga kali peserta yang memenuhi ambang batas dengan nilai tertinggi pada setiap formasi yang tersedia. Sementara saat ini, hanya ada 68 formasi pada Seleksi CPNS Kemenag 2023.

“Tahun ini hanya ada 68 formasi CPNS dan itu semuanya dosen. Setelah dilakukan proses SKD, tidak semua formasi bisa diisi tiga kali kuota peserta terbaik yang memenuhi nilai ambang batas. Tidak sedikit yang hanya satu atau dua peserta saja yang memenuhi passing grade SKD,” ujar Nizar.

“Sehingga, hanya 156 peserta saja yang berhak mengikuti tahap SKB,” lanjutnya.

P3K untuk formasi khusus kelulusannya dinilai dari peringkat terbaik, meskipun begitu lebih didahulukan THK II (meskipun nilai rendah) setelahnya baru Non ASN (peringkat terbaik). Formasi khusus kelulusannya dari lulus NAB dan mendapat peringkat terbaik. apabila formasi ada 3 maka akan dikalikan 3, jadi 3x3=9, maka yg ikut SKB itu hanya orang yg lulus NAB dan menduduki peringkat 9 teratas.