Tanggapan Tentang Pemerataan Guru Berkualitas Melalui Seleksi PPPK Dari Pejabat Kemendikbudristek Kemenkeu dan BKN



Pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek telah melakukan persiapan rekrutmen guru ASN PPPK tahun 2022 melalui koordinasi bersama @kemenkeuri, @kemendagri, @kemenpanrb, serta @bkngoidofficial.

Plt. Dirjen GTK Nunuk Suryani mendorong semua guru yang akan mengikuti seleksi untuk mengikuti semua informasi melalui laman resmi yang tersedia. “Saat ini kita semua sedang menyiapkan seleksi ASN PPPK guru ini dengan baik agar transparan, adil dan tidak ada yang merasa dicurangi.”

“Selain itu, kami juga mengharapkan rekan-rekan di Pemda mari kita bersama-sama bertanggung jawab untuk guru-guru kita di seluruh Indonesia agar bisa mendapatkan penempatan dan mendapatkan haknya sebagai guru,” tutur @nunuksuryani di webinar Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu Direktur Dana Transfer Umum Kementerian Keuangan Adriyanto mengungkapkan pada tahun 2022 ini terdapat sekitar Rp14 triliun yang disiapkan untuk guru ASN PPPK di dalam anggaran di Dana Alokasi Umum.

“Jadi, uangnya sudah masuk di Pemda, sehingga kalau kita lihat 2021 dan 2022 itu totalnya sudah Rp34 triliun. Oleh sebab itu, diharapkan Pemda dapat segera menetapkan guru yang telah dinyatakan lolos seleksi, sehingga semangat kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah dapat kita percepat serta direalisasikan,” ujar Adriyanto.

Selain itu, Adriyanto juga menegaskan agar Pemda tidak perlu khawatir mengenai penggajian dari guru ASN PPPK. Diketahui di dalam APBD, untuk ketentuan penganggaran, terdapat batasan 30 persen alokasi biaya belanja pegawai.

“Kami mendorong Pemda untuk menetapkan prioritas yang hendak dibelanjakan, salah satunya terkait pendidikan, karena telah menjadi tanggung jawab Pemda untuk membayarkan tunjangan ASN PPPK tersebut,” jelas Direktur Adriyanto.

Sedangkan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menjelaskan bahwa hampir semua seleksi ASN menggunakan standar mekanisme yang sama. Seleksi ASN PPPK adalah bagian dari SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara.

@kemdikbud.ri

#MerdekaBelajar #GuruASNPPPK #DitjenGTK