10 Labotarium Pemeriksa Swab PCR Antigen Provinsi Aceh Yang di akui Kemenkes dan Biayanya

 


Provinsi Aceh, setidaknya terdapat 10 laboratorium pemeriksa swab PCR/antigen yang diakui Kemenkes.

1. Balai Litbangkes Aceh               
2. FK Universitas Syiah Kuala
3. RSUD Zainal Abidin
4. Labkesda Aceh
5. Laboratorium RS Tk. IV Lhokseumawe              
6. Laboratorium RS Iskandar Muda Banda Aceh
7. Laboratorium Biolab Aceh
8. Laboratorium RSUD Langsa
9. Laboratorium RSUD Datu Beru Takengon
10. Laboratorium RSUD Zubir Mahmud Aceh Timur.

Daftar lengkap 742 laboratorium pemeriksa Covid-19 di bawah Kemenkes dapat dilihat di >>> Daftar 742 Laboratorium Pemeriksa Covid-19 <<< atau bisa juga mengunjungi laman https://www.litbang.kemkes.go.id/laboratorium-pemeriksa-covid-19/

Gratis di Aceh

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Pemerintah Aceh menyatakan pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR) di fasilitas kesehatan milik pemerintah di provinsi Aceh gratis sejak awal pandemi.

"Sejak awal pandemi Covid-19, tes PCR di Aceh tidak dipungut biaya," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani .

Dia menjelaskan fasilitas kesehatan yang melayani tes swab PCR secara gratis seperti di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), dan Balai Litbangkes Kemenkes RI di Aceh.

Jubir yang akrab disapa SAG itu menambahkan bahwa untuk pasien yang memiliki gejala klinis, kemudian datang dan dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh maka akan langsung menjalani pemeriksaan PCR di rumah sakit plat merah tersebut, tanpa dipungut biaya.

Sementara bagi pasien, kontak erat Covid-19 dari seluruh RSUD dalam 23 kabupten/kota di daerah Aceh  akan menjalani pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Aceh dan Balitbangkes Kemenkes RI di Aceh.

Kemudian, pemeriksaan gratis swab PCR juga berlaku bagi setiap pelaku perjalanan dari daerah berjuluk Serambi Mekkah itu.

"Sedangkan bagi pelaku perjalanan pemeriksaan PCR di Labkesda Aceh," kata SAG.