Soal Latihan Uji Pengetahuan Seleksi PPPK 2021

 SOAL LATIHAN Uji Pengetahuan

1. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru, apa yang anda lakukan?

a. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.

b. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.

c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.

d. Tetap meminta tugas yagn telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.

e. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati.


2. Salah satu tugas wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik untuk menerima hadiah dari sekolah. jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang akan Anda lakukan dalam menentukan siswa urutan 1, 2, dan 3 berdasarkan . . . .

a. Rata-rata nilai rapor saja

b. Kepribadian dan nilai rapor

c. Nilai rapor dan capaian prestasi non akademik

d. Keterlibatan kepengurusan OSIS dan nilai rapor

e. Prestasi akademik dan non akademik


3. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai Guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

a. Memberikan hukuman pada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya. 

b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.

c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.

d. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.

e. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehinga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangasung.

4. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya,nilai- nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan orag tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah . . . .

a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama. 

b. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaa pemikiran,sikap dan perilaku anak didiknya.

c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.

d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.

e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya.


5. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang datang terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kespakatan. Ketika Anda menjadi guru piket, ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambar 30 menit. Sesuai aturan, datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman Anda yang terlambat meminta

kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan Anda lakukan?

a. Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolah.

b. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.

c. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi.

d. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturan.

e. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini.


6. Seorang siswa bercerita kepada guru kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Tapi, pada hari yang telah disepakati, temannya tidak datang dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa.jika seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

a. Memberikan kepada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu, urusan belajar meruk=pakan urudan masing-masing. 

b. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantu.

c. Memberitahu pada salah satu pihak bahwa karena tidak jadi membantu, temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf. 

d. Memfasilitasi pertemuan diantara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya.

e. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesikan secara mandiri.

Jika Ingin Soal dan Kunci jawaban Lengkap Silahkan Lihat dibawah ini