H + 1 Pasca Pengumuman Hasil Selkom 1 PPPK Guru 2021


 H + 1 Pasca Pengumuman Hasil Selkom 1 PPPK Guru 2021

Selamat saya ucapkan untuk yang diterima. Selamat mempersiapkan pemberkasan.

Untuk yang belum lulus Selkom 1, bari kita bahas sesuatu :

Tahap selanjutnya setelah ini adalah masa sanggah yang dimulai tanggal 10 Oktober 2021. Mohon difahami, sanggah itu bukan meminta pertimbangan untuk diluluskan, sanggah itu adalah permohonan untuk memperbaiki nilai jika ada kesalahan perhitungan, contoh :

1. Sudah sertifikasi tapi tidak mendapat Afirmasi 

2. Eks THK-2 tapi tidak mendapat Afirmasi

3. Usia diatas 35 tapi tidak mendapat Afirmasi

4. Penyandang disabilitas tapi tidak mendapat Afirmasi

5. Nilai ujian teknis/skm/wawancara tidak sesuai dengan yang didapatkan

6. Total score tidak benar 

Jadi kalau nilai anda sudah benar dan anda memang tidak lulus karena nilai anda kurang (di bawah NAB), atau karena kalah ranking, maka hal tersebut tidak bisa disanggah. Masalahnya bagaimana saya membandingkan dengan pesaing saya? Memang saya sendiri berharap ada perincian nilai seperti CPNS, tapi daripada menunggu hal yang tidak pasti, kita coba analisis:

1. Jika anda tidak lolos padahal nilai anda memenuhi PG dan tinggi, bisa jadi saingan anda lebih tinggi nilainya.

2. Jika anda tidak lolos karena melamar disekolah lain, berarti anda bukan prioritas karena prioritas tes tahap 1 adalah untuk guru induk. Kecuali jumlah formasi disekolah lain itu lebih banyak dari honorer asli. Namun missal formasi 2 honorernya 2 atau lebih, setinggi apapun nilai anda, karena anda daftar disekolah lain maka tetap tidak akan lolos. Regulasi ini sudah ada SE Kemenpan no B/1075 yang sudah ada sejak pendaftaran. Regulasi inilah yg juga jadi dasar adanya reset formasi

3. Masih ada yang bertanya. “mana janji menteri kalau semua dapat afirmasi 10%?” perlu dipahami jika aturan ini merupakan penjabaran dari Permenpan no 1169 tahun 2021 yang kemarin baru terbit. Bukan berarti sedari awal pengolahan nilai anda dapat 10%, namun jika formasi anda belum terpenuhi dengan afirmasi awal, barulah diberlakukan afiirmasi 10% ini. (Diktum ke 1-8 diaturan tersebut sudah jelas, sayapun sudah menguploadnya)

4. Apakah peserta sekolah induk masih jadi prioritas di tes tahap 2?. Kalau ini regulasinya belum keluar apakah sama/tidak.

5. Kapan memilih formasi tahap 2? Setelah masa sanggah selesai yaitu tanggal 24 – 30 Oktober 2021. Jika nilai tes anda ditahap 2 nanti lebih sedikit dari tes anda saat tes tahap 1, anda bisa pakai nilai yang paling tinggi. Dan tentu passing grade yang  masih belum ada perbuahan.

Semoga kedepan ada perincian nilai tiap peserta di masing-masing instansi.

Selamat berjuang di tahap 2, have a nice day.