Informasi PPG Untuk Guru Honorer Non Sertifikasi


Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud telah mengumumkan kabar gembira bagi para guru non-sertifikasi terkait program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) tahun 2024.Sebuah menu terbaru telah dirilis di Portal Merdeka Mengajar (PMM), memberikan indikasi bahwa Anda mungkin termasuk dalam peserta PPG Daljab tahun ini.

Menurut pernyataan resmi Ditjen GTK, para guru dihimbau untuk memantau PMM mulai tanggal 6 Mei 2024.

Untuk mengakses informasi terbaru, guru diharapkan masuk ke PMM menggunakan akun belajar.id mereka.

Jika sebuah menu Learning Management System (LMS) muncul di PMM, ini menandakan bahwa Anda telah dipilih sebagai peserta PPG Daljab 2024.

Perlu diingat, akses ke menu LMS hanya dapat dilakukan melalui laptop.

Langkah-langkah untuk memeriksa rilis menu baru di PMM sebagai berikut:

– Akses PMM melalui browser di laptop.

– Masuk ke portal dengan mencari “PMM” atau “Platform Merdeka Mengajar”.

– Atau login langsung melalui tautan: https://guru.kemdikbud.go.id/login?from=%2Fhome, kemudian klik “Masuk”.

– Pastikan login menggunakan email dengan akhiran belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id.

– Setelah berhasil login, akan muncul halaman akun PMM Anda.

– Gulir ke bagian bawah hingga menemukan menu “Pengembangan Diri”.

– Di dalam menu “Pengembangan Diri”, perhatikan sub-menu seperti “Pelatihan Mandiri”, “Komunitas”, “Seleksi Kepala Sekolah”, “Refleksi Kompetensi”, dan “Pengelolaan Kinerja”.

– Jika Anda terpilih sebagai kandidat PPG Daljab 2024, akan muncul menu baru berupa LMS (Learning Management System).

Namun, saat ini, menu LMS masih belum dapat diakses di dalamnya.

Sekadar informasi, beban ajar untuk PPG Daljab adalah sebanyak 36 SKS.

Selain itu, untuk guru penggerak dan eks PLPG tahun 2024, mereka akan mendapatkan kesempatan PPG khusus dengan pengakuan setara 36 SKS, termasuk mengikuti UKMPPG seperti UKIN dan UP.

Bagi guru reguler, pengakuan setara adalah 27 SKS, dan sisanya 9 SKS dapat ditempuh melalui pembelajaran mandiri 

Kabar terbaru yang diperoleh dari Ditjen GTK kemdikbud khusus untuk guru non sertifikasi bahwa telah rilis menu terbaru di PMM sebagai tanda bahwa Anda merupakan sasaran peserta PPG daljab tahun 2024.

Hal ini bersumber dari updated Ditjen GTK yang memberikan pengumuman yaitu:

Selamat siang bapak Ibu hebat yang sabar menantikan info PPG, dianjurkan per 6 Mei untuk selalu pantau PMM dengan cara masuk menggunakan akun belajar.id anda semua, apabila sudah muncul LMS di PMM berarti siap siap anda diundang untuk PPG Daljab (hanya bisa diakses menggunakan laptop untuk menu LMS nya).

Pantau secara berkala dan jangan sampai tertinggal info, PPG Daljab 2024 menjadi hak setiap guru baik negeri maupun swasta.

Dijelaskan bahwa untuk PPG Daljab tahun 2024 ini tidak ada kriteria dan kuota. Bagi yang memenuhi persyaratan langsung dipanggil PPG.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan jika sebelumnya di tahun 2023 kuota hanya sekitar 40.000 peserta di tahun 2024 ini kuota bisa menjadi 800.000 sampai 1,2 juta dengan syarat utamanya adalah memiliki kemampuan IT.

Karena proses pembelajaran PPG ini menggunakan platform merdeka mengajar, belajar mandiri dengan mempelajari 3 modul di PMM

Perlu diketahui, platform LMS terintegrasi dengan platform Merdeka Mengajar (PMM). Jika sebelumnya Anda sudah login ke PMM dan belum logout, maka saat Anda masuk ke LMS, Akun belajar.id yang Anda gunakan untuk login ke PMM akan otomatis terhubung ke LMS. Oleh karena itu, sebelum masuk/login ke LMS, silakan cek terlebih dahulu dua hal berikut: 
  1. Apakah  akun yang dipakai merupakan akun yang telah terdaftar sebagai peserta program atau telah memiliki akses untuk masuk ke dalam course di LMS. 
  2. Apakah saat ini Anda sedang dalam keadaan login ke PMM atau tidak.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka laman guru.kemdikbud.go.id.

a. Jika Anda mendapatkan halaman seperti gambar di bawah ini, maka artinya Anda sedang dalam keadaan logut dan dapat langsung melakukan login ke LMS (https://lms.guru.kemdikbud.go.id/)

 

b. Namun, jika saat masuk ke laman guru.kemdikbud.go.id, Anda mendapati layar seperti gambar di bawah, maka artinya Anda sedang dalam keadaan login ke PMM. 

 

2. Selanjutnya, Anda dapat memeriksa apakah Akun belajar.id yang digunakan untuk login ke PMM adalah Akun yang sama dengan Akun yang telah didaftarkan sebagai peserta LMS dengan cara pilih menu Akun yang ada di pojok kanan bawah. 

Screenshot 2023-11-24 at 10.45.51.png

 

3. Periksa akun yang tertera pada menu Akun apakah sudah email sesuai dengan akun yang terdaftar atau memiliki akses ke LMS.

a. Apabila akun yang tertera bukan merupakan akun yang terdaftar atau tidak memiliki akses di LMS, silakan klik Keluar.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman PMM seperti pada gambar di bawah atau kunjungi laman lms.guru.kemdikbud.go.id , kemudian gulirkan halaman ke bawah hingga menemukan bagian Pengembangan Diri, lalu klik Cek LMS.

Kemudian login menggunakan akun Anda yang telah terdaftar sebagai peserta Diklat menggunakan LMS PMM. Klik Masuk

Screenshot 2024-01-31 010609vvv.png

Selanjutnya pilih akun

  • Jika Anda sudah pernah masuk menggunakan akun yang terdaftar sebagai peserta LMS, silakan pilih akun yang sudah terdaftar. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini, kita akan menggunakan akun bernama Guru Satu. Klik pada nama akun tersebut, lalu, Anda akan langsung berhasil masuk ke aplikasi Merdeka Mengajar. 
  • Jika Anda ingin masuk dengan akun yang belum ada di daftar pilihan akun, silakan pilih “Tambahkan akun lain”.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.37.01.jpeg

 

Bagi Anda yang memilih “Tambahkan akun lain”, Anda akan diarahkan untuk mengisi email dan kata sandi (password). Pastikan email yang dimasukkan adalah akun dengan domain belajar.id. Klik “Berikutnya”.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.44.50.jpeg

 

6. Masukan kata sandi, lalu klik “Berikutnya”.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.51.26.jpeg

 

7. Klik “Saya setuju” dan Anda berhasil masuk ke aplikasi Merdeka Mengajar.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.55.16.jpeg

 

8. Anda akan masuk ke halaman Dashboard LMS. Pastikan Anda ada pada laman “Dashboard” dengan memilih tombol “Dashboard” pada sisi biru di sebelah kiri. Akan muncul beberapa course yang akan Anda pelajari.  Silakan klik salah satu course untuk mulai belajar.

Gambar di atas hanya merupakan contoh. Tampilan di LMS Anda dapat berbeda.

 

b. Namun apabila akun yang tertera pada laman Akun PMM sudah sesuai dengan email yang terdaftar ebagai peserta LMS, maka Anda dapat langsung masuk ke LMS melalui Beranda lalu klik LMS.

Screenshot 2024-01-31 011843.png

 

FA-Infographic-LMS.jpg