Persiapan BKN Untuk Pendaftaran CPNS 2021

https: img.okezone.com content 2021 02 17 320 2363656 pendaftaran-cpns-2021-dibuka-intip-persiapan-bkn-PFkAsJS556.jpeg 

Seleksi CPNS (Foto: Okezone) Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada tahun ini. Setelah pada tahun lalu, tidak ada pendaftaran CPNS karena adanya pandemi covid-19 dan belum rampungnya seleksi tahun anggaran 2019.

Lantas bagaimana persiapan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam menghadapi seleksi pendaftaran CPNS 2021?

Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, saat ini BKN masih belum melakukan langkah-langkah pelaksanaan seleksi CPNS.

Sebab, pihaknya masih menunggu penetapan formasi yang dilakukan oleh Kementerian PanRB. Setelah formasi ditetapkan, maka BKN langsung melakukan tindak lanjut untuk pelaksanaan rekrutmen.

"Kita tunggu turun dulu formasinya, kapan turunnya? Bisa ditanyakan ke Kemenpan RB. Setelah turun formasi, maka langsung ditindaklanjuti oleh BKN untuk pelaksanaan rekrutmen," ujarnya , Rabu (17/2/2021).

Nantinya lanjut Paryono, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang akan mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS. Adapun yang akan ditunjuk sebagai Ketua Panselnas biasanya adalah Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

"Jadwal rekrutmen nanti ditetapkan oleh Panselnas. Iya (Kepala BKN yang akan jadi ketua Panselnas CPNS)," ucapnya.

Hanya saja, Paryono masih belum mengetahui apakah seleksi CPNS akan dibarengi dengan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun dipastikan, pada tahun ini, selain CPNS juga akan membuka seleksi PPPK, khususnya untuk mengisi tenaga teknis hingga pengajar (guru) yang ada di daerah.

"Saya belum dapat informasi (apakah akan dilakukan bersamaan dengan PPPK atau tidak)," ucap Paryono.Okz