Kabupaten Aceh Utara Menunggu Formasi Dari Kemenpa RB

Karena penentuan kuota CPNS yang akan direkrut di kabupaten/kota itu memang ditentukan oleh Kemenpan RB RI.

Pemkab Aceh Utara Tunggu Formasi Kemenpan Terkait Penerimaan CPNS Tahun 2021, Begini PenjelasannyaKantor Bupati Aceh Utara di Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe .  

Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Aceh Utara tahun 2021, masih menunggu jumlah formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI. 

Karena penentuan kuota CPNS yang akan direkrut di kabupaten/kota itu memang ditentukan oleh Kemenpan RB RI.

Diperkirakan, dalam waktu dekat Kemenpan akan menyampaikan informasi tersebut kepada semua daerah untuk persiapan penerimaan. 

Oleh sebab itu, untuk jumlah CPNS yang diterima tahun ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Utara mengaku belum bisa memastikannya. “Untuk penerimaan CPNS, kita masih menunggu formasi dari Kemenpan RB RI,” ujar Kepala BKPSDM Aceh Utara, Syarifuddin, (22/2/2021). 

Jika sudah diberikan kuota oleh Kemenpan, terang Syarifuddin, baru pihaknya mengisi e-formasi pada website yang sudah siapkan.

Meski belum bisa memastikan berapa kuota yang diberikan, tapi Syarifuddin mengaku, Pemkab Aceh Utara masih membutuhkan penambahan CPNS. 

“Untuk penentuan jumlah CPNS itu berdasarkan analisa jabatan (anjab) dan analisa beban kerja (ABK),” ulasnya.

Meskipun kadang kita usulkan banyak, tapi penentuan tersebut berada di Kemenpan. Karena itu belum bisa dipastikan jumlahnya kalau belum ada surat resmi dari kementerian,” urai dia. 

Menurut Syarifuddin, untuk Aceh Utara jumlah CPNS yang masih dibutuhkan adalah guru, kemudian tenaga kesehatan, dan juga tenaga teknis lainnya.

“Tapi yang banyak dibutuhkan guru dan tenaga kesehatan,” pungkas Kepala BKPSDM Aceh Utara, Syarifuddin.(*) Aceh Tribun