PPPK Adalah ASN Tenaga Profesional, Sebut Kepala BKN

https: img.okezone.com content 2021 01 05 320 2339038 kepala-bkn-sebut-pppk-adalah-asn-tenaga-profesional-LocNVsHLwT.jpg CPNS Istana (Foto: Setkab)

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, PPPK akan difokuskan pada peningkatan kualitas layanan publik dan peningkatan profesionalisme serta kinerja instansi pemerintah.

"Jadi PPPK ini adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki profesionalisme. Di mana merujuk pada sistem ASN di negara maju yang juga membagi ASN menjadi 2, maka PPPK ini dikhususkan merekrut tenaga profesional," ujar dia di Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Kemudian, lanjut dia, misalnya, pemerintah butuh guru besar. Dengan skema PPPK bisa langsung rekrut dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

"Jadi tidak harus melalui dosen pertama, dosen muda, rektor," ungkap dia.

Setelah menuai polemik karena memutuskan untuk tak membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk guru, akhirnya peluang tersebut kembali dibuka. Namun sayangnya belum diketahui kapan waktunya tenaga pendidikan tersebut bisa mendaftar jadi abdi negara.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menyebut untuk tahun ini pihaknya baru membuka 1 juta lowongan guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021. Kata dia, CPNS untuk guru itu masih harus menunggu berapa jumlah posisi yang kosong.