Penjelasan Nadiem Tentang Tidak ada lagi Formasi CPNS untuk Guru?

Nadiem Makarim (CNBC Indonesia/Tri Susilo). Foto: Nadiem Makarim (CNBC Indonesia/Tri Susilo). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim angkat suara perihal kabar tidak ada lagi lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk guru. Ia memastikan bahwa hal itu tidak benar.

Menurut Nadiem, Kemendikbud tidak pernah membuat kebijakan penghentian lowongan CPNS untuk guru. Sebab, lowongan itu akan tetap ada meski tidak untuk tahun ini.

"Saya menegaskan bahwa Formasi CPNS Guru ke Depan Tetap Akan Ada karena Kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," ujar Nadiem via akun Instagram resminya yang dikutip Selasa (5/1/2021).

Menurutnya, untuk tahun ini, perekrutan guru menjadi abdi negara memang tidak melalui jalur CPNS melainkan dengan skema PPPK. Ini sesuai dengan kebutuhan guru profesional yang banyak kosong terutama di daerah.

"Fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK," kata Nadiem.

Lanjutnya, semua guru guru honorer bisa mengikuti lowongan jalur PPPK ini. Selain itu, lulusan pendidikan profesi guru juga dapat melamar menjadi guru PPPK.

Semua guru yang lulus menjadi PPPK akan diberikan fasilitas yang sama dengan PNS, mulai dari gaji dan juga tunjangan. Oleh karena itu, Nadiem mendorong semua guru honorer yang merasa memiliki kapasitas untuk melamar lowongan guru PPPK ini.

"Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya," tegasnya.