Kemendikbud Masih Gelar Tes 15 Oktober, Live Score Tak Bisa Diakses

Tes SKB CPNS Selesai

Pelaksanaan Tes SKB ( Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS 2019 direncanakan selesa per hari Senin tanggal 12 Oktober 2020. Kemdikbud gelar tes ulang.

Tes SKB CPNS Selesai Hari Ini, Kemendikbud Masih Gelar Tes 15 Oktober, Live Score Tak Bisa DiaksesPengumuman tes ulang dan tes susulan untuk Tes SKB CPNS tahun anggaran 2019 Kemendikbud.  Pelaksanaan Tes SKB ( Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS tahun anggaran 2019 direncanakan selesai per hari Senin tanggal 12 Oktober 2020.

Namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) masih akan menggelar Tes SKB hari Rabu tanggal 15 Oktober 2020.

Tes SKB CPNS untuk Kemendikbud ini rencananya bakal dihadiri 88 peserta di sejumlah titik lokasi ujian.

Sejumlah titik lokasi yang disiapkan oleh Kemendikbud untuk menggelar Tes SKB CPNS tanggal 15 Oktober 2020 di antaranya Institut Pertanian Bogor, Intitut Teknologi Bandung, Politeknik Negeri Malang, Universitas Riau, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Surabaya dan sejumlah tempat lainnya.

Tes SKB CPNS 2019 yang digelar Kemendikbud tanggal 15 Oktober 2020 merupakan tes susulan atau tes ulang.

Tes susulan diperuntukan bagi peserta Tes SKB CPNS Kemendikbud yang dinyatakan reaktif atau positif Covid-19 pada hari H pelaksanaan tes.

Untuk tes ulang yakni bagi peserta Tes SKB CPNS Kemendikbud yang pada hari H pelaksanaan mengalami kendala jaringan internet di tengah-tengah mengerjakan soal.

Sebelumnya, Kemendikbud telah menggelar Tes SKB CPNS pada bulan September lalu, yakni tes wawancara pada tanggal 21-25 September 2020, lalu tes CBT tanggal 29 Oktober di sejumlah titik lokasi.

Kemendikbud menggelar tes secara mandiri yakni memakai sistem CBT atau Computer Based Test dan tidak menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test yang digunakan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk Tes SKB CBT milik Kemendikbud ini terdiri dari empat dimensi yakni Literasi Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa Inggris, Penalaran dan Pemecahan Masalah hingga Psikologi.

Live Score Tak Bisa Diakses

Saat pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019 Kemendikbud, para peserta jiga tidak dapat melihat hasil live score-nya meski mendapatkan nilai di layar komputer usai mengerjakan soal Tes SKB yang memakai sistem Computer Based Test (CBT).

Untuk sistem CAT yang digelar BKN, skor seluruh peserta bisa langsung terpampang dan dapat disaksikan langsung di akun YouTube milik BKN.

Sebelumnya, Kemdikbud juga akan menggelar live score melalui situs Pusat Asesmen dan Pembelajaran ( Pusmenjar) Kemdikbud.

Namun, saat hari H pelaksanaan Tes SKB CPNS, Selasa (30/9/2020) bahkan hingga hari ini, situs aman.pusmenjar.go.id/#/score masih eror atau tidak bisa diakses.

Meski sebelumnya sempat diakses beberapa saat sebelum akhirnya eror hingga sekarang.

Sejumlah peserta juga sempat mempertanyakan skor yang mereka dapatkan di layar komputer berbeda dari live score di Pusmenjar.

Menanggapi hal tersebut Biro SDM Kemdikbud menyebut acuan tetap memakai nilai yang terpampang di Kemdikbud.

Tes SKB CPNS
Tes SKB CPNS (ISTIMEWA)

Untuk skor yang berbeda antara di live score yang sempat bisa diakses dengan yang ada di layar komputer peserta sempat membuat bimbang peserta di sejumlah grup media sosial peserta Tes SKB Kemendikbud.

Namun banyak juga peserta yang berspekulasi ada penilaian tersendiri lantaran nilai yang berbeda hanya terjadi di dimensi Penalaran dan Pemecahan Masalah.

Sejumlah peserta berspekulasi penilaian untuk dimensi Penalaran berbeda karena di setiap soal ada dua jawaban benar tetapi dengan bobot nilai yang berbeda.

Para peserta yang sempat mengalami kendala jaringan internet saat hari H pelaksanaan Tes SKB menanggapi gembira adanya ujian ulang.

Tes SKB Berakhir 12 Oktober

Pelaksanaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 masih terus berjalan, meski sempat tertunda karena pandemi virus corona.

Sejauh ini, tahapan rekrutmen telah sampai pada seleksi kompetensi bidang ( SKB) yang terlaksana di berbagai wilayah Tanah Air dan luar negeri.

Tes SKB CPNS 2019 yang diadakan di 269 titik lokasi tes berlangsung mulai 1 September 2020 hingga 12 Oktober 2020. 

Badan Kepegawaian Negara ( BKN) mencatat, sebanyak 297.942 peserta terdaftar mengikuti SKB dengan metode CAT (computer assisted test).

Rinciannya, 44.631 peserta SKB pada instansi pusat dan 253.311 peserta pada instansi daerah.

Setelah SKB, proses selanjutnya adalah pengolahan nilai, dari seleksi kompetensi dasar ( SKD) dan SKB.

Lantas, kapan pengumuman hasil seleksi dilaksanakan?

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, mengatakan pengumuman hasil seleksi CPNS akan dilakukan sesuai jadwal pada surat BKN Nomor K 26-30/V/116-4/99.

"Masih (sesuai jadwal). Saat ini baru tahap pengolahan hasil (SKD dan SKB)," kata Paryono saat dihubungi , Senin (12/10/2020).

Merujuk pada surat BKN tentang Jadwal Pelaksanaan Penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019, pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 30 Oktober 2020.

Lebih lanjut, pengolahan hasil SKD dan SKB berlangsung pada 8-18 Oktober 2020.

Kemudian, dilakukan rekonsiliasi integrasi hasil SKD dan SKB pada 19-23 Oktober 2020.

"Pengolahan (hasil SKD dan SKB) yang melakukan Panselnas (Panitia Seleksi Nasional). Kalau rekonsiliasi intergasi ini mencocokkan data antara Panselnas dengan dari instansi," ujar Paryono.

Mengingat pandemi virus corona belum usai, rekonsiliasi direncanakan dilaksanakan secara online.

"Tapi mungkin ada juga yang offline, instansi yang dekat-dekat Jakarta," lanjutnya.

Paryono menegaskan, pengumuman hasil akan disampaikan oleh instansi masing-masing.

"Para peserta agar menunggu pengumuman resmi dari instansi pada tanggal yang telah ditetapkan, 30 Oktober 2020," tutur dia.

Sementara itu, ia mengimbau peserta untuk tidak mempercayai oknum yang menjanjikan kelolosan menjadi CPNS.

"Jangan tergiur oleh tawaran oknum yang katanya bisa membantu memasukkan seseorang menjadi CPNS," tegasnya.

Berikut jadwal pelaksanaan CPNS 2019:

Verifikasi data hasil SKD: 27-30 Juli 2020
Pengumuman dan pendaftaran ulang SKB: 1-7 Agustus 2020
Pencetakan kartu ujian SKB: 8 Agustus 2020
Penjadwalan SKB: 10-14 Agustus 2020
Pengumuman jadwal pelaksanaan SKB: 18 Agustus 2020
Pelaksanaan SKB: 1 September-12 Oktober 2020
Pengolahan hasil SKD dan SKB: 19-23 Oktober 2020
Penyampaian hasil seleksi: 26-28 Oktober 2020
Pengumuman hasil seleksi